Wednesday, June 15, 2016

TUGAS 5 Bahasa Indonesia 2 : Sistem Perekonomian Indonesia

SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA

Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh sebuah negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dikuasainya baik untuk perorangan ataupun instansi di negara itu. Pembicaraan tentang sistem perekonomian Indonesia pertama kali dirintis oleh Emil Ismail pada tahun 1966. Sistem ekonomi dapat diibaratkan sebagai jarum jam. Beliau  menggambarkan jarum jam sistem liberal atau kapitalis menunjuk ke jam 9, sistem ekonomi komando menunjuk ke jam 3, dan sistem ekonomi Indonesia menunjuk ke jam 6. Artinya, sistem perekonomian Indonesia berada di pertengahan antara sistem ekonomi liberal dan sistem ekonomi komando.
 Sistem perekonomian liberal pertama kali dicetuskan oleh ahli ekonomi Adam Smith dengan dasar bekerjanya adalah adanya kegiatan ‘invisible hand’ atau tangan-tangan yang tidak terlihat. Dasar ini berasal dari paham kebebasan. Paham kebebasan ini sejalan dengan pandangan ekonomi kaum klasik, dimana mereka menganut paham ’Laissez faire’ yang menghendaki kebebasan melakukan kegiatan ekonomi dengan seminim mungkin campur tangan pemerintah. Kaum klasik berpendapat seperti itu karena mereka menganggap bahwa keseimbangan ekonomi pasar akan tercipta dengan sendirinya.
Dengan kondisi perekonomian yang semacam itu, pemerintah memiliki tiga tugas yang sangat penting (Suroso, 1993), yaitu: berkewajiban melindungi negara dari serangan negara liberal lainnya, melindungi setiap anggota masyarakat dari ketidakadilan atau penindasan oleh anggota masyarakat lain, dan mendirikan serta memelihara sarana untuk umum yang tidak dapat dibuat oleh perorangan.


DAFTAR PUSTAKA


Suroso P.C. 1993. Perekonomian Indonesia, Buku Panduan Mahasiswa. APTIK dan Gramedia Pustaka Utama Jakarta

1 comments:

 
girl's zone- Blogger Template by Ipietoon Blogger Template