Thursday, June 23, 2016

TUGAS 7 Bahasa Indonesia 2 : Perkembangan Perekonomian Di Indonesia

PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN DI INDONESIA

Pada era orde lama, kondisi perekonomian Indonesia khususnya pada tahun-tahun pertama setelah merdeka sangat buruk. Setelah kemerdekaan, ekonomi nasional dapat dikatakan mengalami stagflasi yang disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain pendudukan Jepang, Perang Dunia II, perang revolusi, dan manajemen ekonomi makro yang sangat buruk.
Pada masa itu bahan–bahan pokok sangat terbatas, misalnya masyarakat harus mengantri untuk membeli beras, defisit saldo neraca pembayaran, tingkat inflasi sangat tinggi hingga mencapai lebih dari 500% menjelang akhir periode orde lama. Dapat dikatakan bahwa kondisi itu semua merupakan krisis ekonomi pertama yang dialami Indonesia sejak kemerdekaan (Tambunan, 1991).
Keadaan perekonomian Indonesia pada zaman orde lama tersebut juga disebabkan oleh kondisi politik di dalam negeri yang sangat tidak menentu dan sifat bermusuhan pemerintah Indonesia dengan luar negeri khususnya negara–negara industri maju (Barat). Keadaan bertambah buruk lagi setelah dilakukan nasionalisasi terhadap semua perusahaan milik Belanda. Nasionalisasi perusahaan–perusahaan Belanda yang dilakukan pada tahun 1957 dan 1958 adalah awal dari periode yang disebut ‘Ekonomi Terpimpin’ (Guided Economy).
Sistem politik dan ekonomi Indonesia pada masa orde lama, khususnya setelah ‘Ekonomi Terpimpin’ tersebut dicanangkan oleh Soekarno, semakin dekat dengan haluan atau pemikiran sosialis (komunis). Keadaan itu membuat Indonesia semakin jauh dari Amerika Serikat beserta sekutunya dan dengan sendirinya semakin sulit bagi Indonesia untuk mendapatkan dana dari negara–negara Barat, baik dalam bentuk pinjaman, bantuan, maupun penanaman modal asing (PMA).

DAFTAR PUSTAKA


Tambunan. 1991. Politicoeconomic History of Indonesia. A Short Analytical Description : 1964 – 1990. A Special Issue of Oeconomic. Rotterdam: Erasmus University.

0 comments:

Post a Comment

 
girl's zone- Blogger Template by Ipietoon Blogger Template